Monday, April 18, 2011

Suroboyo

Bener-bener deh, kota yang satu ini selalu buat saya salut. Saya begitu terkesan dengan penataan taman kotanya yang begitu rapi. Setiap sudut jalan utama kota terlihat hijau, tanaman pun juga nampak dipelihara dengan baik. Kalo boleh saya bilang, soal taman kota, Surabaya saya kasih julukan "Singapore" nya Indonesia deh ! Hehehe...

Ada satu hal lain yang baru pertama kali saya temui di Indonesia, dan hanya saya temui di kota Surabaya (saya belum tau pasti apakah dikota lain sudah ada hal semacam ini atau tidak).
Nama sistemnya saya juga ga tau pasti, yang saya tau adalah sedikit gambaran mengenai cara kerjanya.
Jadi gini, biasanya kebanyakan warga kota itu kalo mau nyebrang jalan kan tinggal nyebrang aja tuh, liat kanan-kiri, lambai-lambain tangan, perlahan-lahan nyebrang deh. Minimal hal semacam ini (yang bener) dilakuin di zebra cross lah. Atau gak, kalau nyebrang lewat jembatan penyebrangan, kalo yang kaya gini di Jakarta biasanya.

Sekarang kalo di Surabaya ada yang unik nih. Kemarin pas saya kesana, tepatnya pas lewat depan Galaxy Mall, deket kampus UNAIR Mulyorejo, saya melihat ada zebra cross yang dilengkapi dengan traffic light (bangjo) khusus pejalan kaki yang akan menyebrang. Lazimnya, zebra cross dibuatnya "sepaket" ama bangjo yang seringnya ada di perempatan. Tapi kali ini beda, bangjo ama zebra cross nya cuma khusus buat pejalan kaki.
 Cara kerjanya, kalo misal ada orang pengen nyebrang, di lampu bangjo tadi ada tombol. Apabila tombol itu dipenjet, maka otomatis bangjo akan menunjukkan warna merah. Kendaraan yang lewat dijalan situ wajib berhenti, dan pejalan kaki pun dapat dengan aman menyeberang.
Kalo buat saya ini merupakan suatu terobosan baru. Hal-hal semacam ini perlu diterapkan di daerah-daerah lainnya. Surabaya tidak hanya menjadikan metropolitan sebagai konsep, tapi kota ini juga sudah mengimplementasikan langkah-langkah riil dari konsep tersebut. Sing genah, Suroboyo manteb cuk !!

Wassalam...

1 comment:

  1. surabaya kota memang keren tata kotanya,, tapi untuk daerah daerah selain daerah kota (pusat surabaya) mungkin ga keren,, :D

    ReplyDelete