Wednesday, December 11, 2013

Indra Sjafrie; Tukang Pos Pembawa Optimisme Bagi Sepak Bola dalam Negeri

“Bagi kami tidak ada kata jenuh, kami semua disini adalah pejuang bangsa”. Begitulah jawaban dari coach Indra Sjafrie ketika saya melontarkan pertanyaan mengenai kiat-kiat apa saja yang dilakukan untuk mengusir rasa jenuh selama pemusatan latihan timnas U19 selama berada di kota Batu. Sebuah jawaban sarat makna dan penuh dengan optimisme.

Senin 9 Desember 2013, ditengah guyuran langit kota Jogja saya menjadi salah satu orang yang berkesempatan untuk dapat langsung berinteraksi dengan coach Indra melalui teleconference. Pelatih yang belakangan namanya melambung setelah memberikan gelar piala AFF U19 dan membawa Indonesia lolos pada putaran final AFC Cup U19 di Myanmar tahun depan.

Sore itu saya mengikuti acara yang diadakan oleh “teng-teng crit” (thenguk-thenguk crito/duduk-duduk sambil ngobrol). Sebuah komunitas diskusi di Jogja yang malam itu mengangkat tema sepak bola. Dalam acara tersebut, coach Indra menjadi salah satu narasumber. Selain coach Indra, ada pula narasumber dari BCS dan mas @zenrs. Memang percakapan yang dilakukan tidak terlalu lama, sekitar 20 menit. Maklum, ketika itu jam sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB. Tidak enak juga rasanya apabila mengganggu waktu istirahat beliau.

Selain pertanyaan dari saya tadi, malam itu coach Indra juga menjawab banyak pertanyaan dari mas @zenrs. Mulai dari pengalamannya selama menangani timnas, perkembangan terakhir kondisi tim di Batu, hingga pertanyaan mengenai sepak bola Indonesia secara umum. Setiap pertanyaan dijawab dengan lugas, jelas dan tanpa basa-basi. Berikut ini merupakan script hasil wawancara via teleconference dengan coach Indra.

Selama menjalani TC jangka panjang di Batu, salah satu hal yang ditakutkan menjadi penghambat adalah kejenuhan. Hal ini mengingat bahwa sebagian besar skuad yang ada merupakan pemain yang masih belia. Jadi apa saja kiat-kiat yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Bagi kami tidak ada kata jenuh, kami semua disini adalah pejuang bangsa. Saya lebih suka menyebutnya refreshing. Jadi selama di Batu di akhir pekan saya memberikan satu hari libur bagi tim. Dalam setiap kesempatan dihari libur yang saya berikan, kami melakukan berapa kegiatan salah satunya berkunjung ke tempat rekreasi. Kebetulan di Malang terdapat banyak tempat rekreasi yang dapat kami kunjungi. Selain itu, kemarin saya juga sempat mengundang keluarga dan juga pacar dari pemain.”

Bagaimana perkembangan terakhir tim di Batu?

“Secara keseluruhan kondisi tim saat ini bagus. Infrastruktur dan seluruh kelengkapan pendukung di tempat TC juga bagus”.

Bagaimana dengan support dari PSSI?

“Bagus. PSSI sepenuhnya memberikan dukungan pada seluruh kegiatan kami di sini”.

Kabar terakhir, ada pemain yang anda coret. Apa yang dijadikan pertimbangan dalam pencoretan tersebut?

“Iya, benar. Kemarin saya mencoret dua pemain. Keduanya mengalami cidera saat mengikuti TC. Hal tersebut bisa dikatakan merupakan salah satu bukti bahwa mereka tidak mampu mengikuti metode latihan yang diberikan oleh tim pelatih U19. Kalau mengikuti metode latihan saja tidak bisa, mereka itu bukan pemain bagus.”

Apakah ada rencana untuk melakukan seleksi lagi?

“Tidak. Saya tidak akan mengadakan seleksi lanjutan. Saya telah memilih pemain dari hasil kunjungan saya ke 43 kota. Saya akan mencoba memaksimalkan pemain yang saat ini ada. Dari 40 orang yang kemarin dipilih, nanti jumlahnya akan diciutkan menjadi 23 orang. Jumlah pemain yang sesuai dengan peraturan untuk mengikuti kompetisi AFC Cup U19 tahun depan.”

Jadi saat ini tidak ada lagi harapan bagi anak-anak yang kemarin belum sempat mengikuti latihan dikarenakan berbagai alasan. Mereka saat ini mungkin hanya bisa berdoa saja terkait harapannya membela timnas U19?

“Jangan hanya berdoa saja. Mereka harus tetap berusaha. Kesempatan mereka untuk dapat membela negara selalu terbuka. Tapi yang jelas saya tidak akan melakukan seleksi lanjutan dalam waktu dekat ini.”

Bagaimana dengan pemain diluar skuad AFF dan kualifikasi AFC, apakah bisa mengikuti irama latihan dengan pemain lama yang sudah lebih dulu tergabung?

“Secara umum pemain bisa beradaptasi. Rata-rata pemain yang ada saat ini sudah memiliki teknik individu yang bagus-bagus. Banyak pemain yang memiliki kemampuan menggiring bola untuk kemudian melewati satu-dua pemain. Itu kan juga salah satu dasar dari teknik individu yang telah lebih dulu mereka miliki. Kedepan kita akan mencoba untuk membangun taktik bermain mereka dalam tim. Saat ini di Batu kita terlebih dulu fokus pada pembentukan fisik pemain. Ibarat membangun rumah, kita saat ini sedang membangun fondasi rumahnya. Nanti rencanya pada bulan Januari kita akan pindah ke Jogja. Disana kita akan mulai membangun teknik bermain seluruh pemain U19.”

Dalam tim anda saat ini, apakah ada pemain yang sebelumnya sama sekali belum pernah mengenyam pelatihan di SSB?

“Ada satu pemain, dia adalah Yabes Roni Malafeini. Bisa dikatakan selama ini dia berlatih sepak bola secara otodidak”.

Terkait dengan sepak bola Indonesia secara umum, menurut anda apa yang harus dilakukan untuk menjadikan sepak bola kita bisa lebih maju?

“Saya kira yang harus dilakukan adalah dengan menciptakan sebanyak mungkin pelatih yang berkualitas. Di Indonesia ini sebenarnya banyak sekali pemain yang bagus, akan tetapi tidak digarap (dilatih) dengan baik. Tidak perlu lagi ada acara tim dikirim ke luar negeri untuk berlatih, itu hanya akan menghambur-hamburkan uang negara saja. Apabila tetap melakukannya, kita hanya akan dibodoh-bodohin saja sama bangsa asing. Kita ini pada dasarnya mampu kok melakukannya. Untuk pelatihan kepada pelatih, kita bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh FIFA dan AFC yang setiap tahun memberikan fasilitas kepelatihan ke Indonesia. Selain dari sisi pelatih, sisi pemain juga harus dilakukan pembenahan. Caranya dengan membentuk SSB yang berkualitas sebanyak mungkin. SSB akan berkualitas jika pelatihnya juga berkualitas. Terakhir adalah dukungan infrastruktur. Pemerintah sudah seharusnya membuat sebanyak mungkin lapangan sepak bola di negeri ini.”

Lantas bagaimana pendapat anda mengenai banyaknya pelatih dan pemain asing di liga Indonesia saat ini? Apakah anda tidak setuju dengan keberadaan mereka?

“Saya tidak setuju dengan kebijakan tersebut. Saat ini keberadaan pelatih dan pemain asing di liga Indonesia sudah terlalu banyak, apalagi banyak dari pelatih dan pemain ini kualitasnya cuma ecek-ecek saja. Tidak usah saya sebutkan juga seharusnya kalian banyak yang tahu soal ini. Ditambah lagi, kebanyakan pemain asing yang merumput di Indonesia ini menempati posisi-posisi kunci di tim. Penyerang, pemain tengah dan pemain belakang. Kalau hal ini terus-terusan dilakukan pemain kita akan semakin sedikit mendapatkan kesempatan bermain. Bagaimana bisa maju kalau begini.”

Untuk target di AFC Cup U19 nanti bagaimana?

“Tidak perlu ditanyakan lagi itu. Saya sudah berkali-kali menyatakan dengan jelas bahwa target kita adalah lolos ke piala dunia U20. Kita ini pada dasarnya mampu kok. Mental gagal jangan terlalu terpatri di negara ini, kita harus tetap optimis.”

Timnas U23 yang berlaga di Seagames baru saja bertanding, apakah anda menyaksikan? Bagaimana pendapat anda mengenai permainannya?

“Iya, barusan saya nonton timnas Seagames dengan tim pelatih. Kalau soal permainan mungkin saya tidak perlu banyak berkomentar.”

Lebih menarik permainan timnas U19 ya Coach?

“Ya pasti lah, sudah jelas itu”. (Mendengar jawaban ini, teman-teman yang hadir langsung bersorak riuh dan memberikan tepuk tangan meriah untuk coach Indra).

Terakhir, apa pesan dari anda?

“Saya ingin berpesan untuk seluruh masyarakat Indonesia, kini saatnya bagi kita semua untuk bersatu. Jangan lagi ada pengelompokan suporter, suporter a, suporter b. Harusnya tidak ada lagi yang seperti itu. Hanya ada suporter yang mendukung satu Indonesia. Selain suporter juga saya berharap pengurus juga harus bersatu. Tidak usah lagi sampai terjadi kisruh dualisme seperti beberapa waktu lalu. Masak iya kalian semua tidak malu dengan anak-anak yang saya latih. Mereka masih muda saja sudah bisa bersatu dengan solid. Terakhir yang terpenting adalah saya senantiasa memohon atas doa masyarakat Indonesia agar pemusatan latihan yang sedang diadakan bisa berlangsung dengan baik dan lancer, serta nantinya target mencapai lolos ke piala dunia U20 bisa tercapai.”

Demikian merupakan petikan wawancara via teleconference yang dilakukan. Singkat memang, akan tetapi dalam waktu yang singkat tersebut membawa pesan yang sarat akan makna. Setiap jawaban dari pertanyaan yang diberikan kepada coach Indra selalu dijawab dengan lugas dan penuh optimisme. Sebuah hal yang sangat jarang kita temui dalam diri sosok pelatih lokal dewasa ini.

Dengan optimisme yang tinggi itu pula coach Indra secara tidak langsung juga masih menjalankan pekerjaannya yang dulu sempat dilakoni, menjadi “tukang pos”. Pasca pensiun dari sepak bola, beliau sempat menjadi pegawai dari kantor pos, hingga jabatan terakhir yang sempat diemban adalah kepala kantor pos di salah satu daerah di provinsi Sumatra Barat. Belakangan pekerjaannya ditinggalkan karena dia lebih memilih untuk konsentrasi blusukan mencari pemain untuk timnas U19.

Seperti yang dikatakan oleh mas @zenrs, apabila dulu tugas dari coach Indra adalah seorang tukang pos yang mengantarkan surat, tetapi saat ini hal tersebut telah berubah. Saat ini tugas beliau adalah sebagai tukang pos yang mengantarkan optimisme bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebuah optimisme akan prestasi tinggi untuk sepak bola. Jika sebelumnya keinginan untuk tampil di piala dunia merupakan sebuah mimpi yang sangat tinggi untuk dicapai, akan tetapi dengan optimisme yang dibawa oleh coach Indra mimpi tersebut menjadi terasa realistis untuk diraih.

Terima kasih kepada coach Indra. Jangan lelah untuk menyebarkan optimisme kepada seluruh masyarakat Indonesia. Semoga perjuangan pajang anda berbuah kisah yang happy ending.

2 comments:

  1. AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA,UNTUK SOAL DEPOSIT,WITHDRAW,JANGAN DI RAGUKAN LAGI
    DI JAMIN CEPAT,NYAMAN DAN AMAN BOSKU. MINIMAL DEPOSIT 20.000 DAN MINIMAL WITHDRAW 50.000 BOSKU.
    ANDA SUDAH BISA MENCARI GAME KAMI DI PLAY STORE. DENGAN MENGGUNAKAN KEYWORD MONOPOLY INDONESIA
    NANTI SUDAH MUNCUL GAME KAMI DENGAN JUDUL "INDOMONOPOLY" ANDA SUDAH BISA LANGSUNG INSTAL GAME KAMI BOSKU.
    UNTUK KETERAGAN LEBIH LANJUT BISA HUBUGI TIM LIVECHAT KAMI YANG SANGAT RAMAH MELAYANIN ANDA BOSKU.
    1.KUNJUNGI WEB KAMI : http://bit.ly/1QULFBI

    2.BBM Pin : 5649B320

    3.contact us : LINE : hermilyrostan

    4.cara bermain game INDOMONOPOLY di pc http://bit.ly/1R1fOPQ

    5.petunjuk unduh game INDOMONOPOLY di android http://bit.ly/1SoikP4

    6.TERSEDIA JUGA DI PLAYSTORE KHUSUS DI ANDROID ANDA http://bit.ly/22ESOcV

    7.cara daftar userid di INDOMONOPOLY http://bit.ly/1mldTZz

    8.Tutorial cara bermain dan sistem potongan pada permain : http://bit.ly/1RFLt4X

    ReplyDelete
  2. BOLAVITA merupakan Agen Sportsbook yang paling lengkap di Indonesia !!
    ✔ SBOBET
    ✔ MAXBET
    ✔ 368BET

    Daftar dan gabung sekarang !! Karena berapapun kemenangan Anda tentunya akan dibayar langsung oleh Agen BOLAVITA !!

    Ada banyak bonus GEDE-GEDEan menarik di BOLAVITA :
    ✔ BONUS NEW MEMBER 10%
    ✔ BONUS EVERYDAY 5%
    ✔ BONUS ROLLINGAN 0.5%
    ✔ BONUS SEUMUR HIDUP 10%
    ✔ HADIAH, DISKON & FREECHIPS

    Dengan minimal deposit Rp 10.000 saja sudah dapat memainkan semua permainan yang disediakan Agen BOLAVITA dan cukup dengan 1 USERID saja !!

    Dengan adanya kerjasama dengan Bank Indonesia, aplikasi dan via pulsa sudah dapat melakukan deposit untuk bermain !!

    Customer service online 24 JAM NONSTOP untuk melayani Anda yang sedang mengalami kendala !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #agenbolavita #agenjudi #agentangkas #agenbola #agentogel #agensabung #agentangkaas #Judionlineterbaik #bandarterbesar #bandarterpercaya #judionlineterpercaya #situsbolaterbesar #situsbolaaman #judionlineaman #pokeronline #Pokerindonesia #togelonlineterbaik #pokeronlineterbaik #bandartogelterbaik #agentogelterbesar #tangkasnet #judislot #slotgames #joker #bonusterbaik #bonusterbesar #hadiahdanbonus #freechips #casinooline

    ReplyDelete