Saturday, August 20, 2011

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN


Wonosobo, 17 Agustus 2011
04.48 WIB
            Pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, atas nama bangsa Indonesia, Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan negara Indonesia. Hingga detik ini, kita telah melalui masa kemerdekaan ini sampai dengan 66 tahun. Itu bukan waktu yang singkat, 66 tahun merupakan tenggang waktu yang lama untuk ukuran usia sebuah negara. Sebagaimana kehidupan seseorang, negara ini juga telah mengalami perputaran. Ada kalanya kita berjaya, dan ada kalanya juga negara ini menderita. Semua itu berhasil dilalui negara ini, dan sampai detik ini kita masih MERDEKA!
            Akan tetapi setelah berjalan selama 66 tahun, masih saja banyak orang yang mempertanyakan kemerdekaan ini. Parahnya lagi, sebagian besar orang-orang ini hanya bisa saling menyalahkan, memprotes negara dan tidak punya solusi untuk berbagai permasalahan yang terjadi. Negeri yang seharusnya mereka banggakan justru terus-menerus dicaci. Negeri yang seharusnya mereka bangun justru secara tidak sadar mereka hambat kemajuannya dengan pikiran-pikiran sempit yang bersifat merusak.
            Dengan ribuan twitt cacian mereka buat negara, masih saja mereka belum merasa merdeka. Dengan kehidupan enak dan serba kecukupan masih saja mereka merasa belum merdeka. Lantas kemerdekaan apa yang mereka inginkan? Kemerdekaan untuk seluruh rakyat Indonesia? Ya, itu memang tujuan utama negara ini mencapai kemerdekaan, negara ini ingin seluruh rakyat negara ini benar-benar merasakan menjadi individu yang merdeka! Lantas, apakah hal ini bisa diwujudkan dengan hanya terus-menerus mencaci, menyalahkan atau bahkan meragukan kemerdekaan yang kita raih ini? Jawabannya sudah jelas, TIDAK.
            Pikiran saya itu sangat sederhana, marilah kita semua mensyukuri seluruh kenikmatan yang selama ini kita peroleh seiring dengan masa-masa kemerdekaan yang kita lalui. Saya yakin, hidup di jaman kita ini serba enak, mudah dan bebas. Kalau kalian mensyukurinya, mungkin akan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat daripada terus-menerus meyangsikannya. Kalian ini orang yang berilmu, berwawasan dan beragama. Kenapa tidak kalian maksimalkan saja kemampuan kalian itu untuk memajukan bangsa? Kalian pastinya juga banyak yang hidup berkecukupan, kenapa kalian tidak menggunakan kelebihan yang kalian punyai untuk membantu sesama?
            Terserah kalian ingin menyebut tulisan ini apa. Saya memang tidak sepenuhnya sempurna. Belum tentu juga saya sudah melakukan semua yang ada dalam tulisan saya ini. Tapi yang pasti, saya begitu menghargai dan mempercayai kemerdekaan yang telah kita dapatkan. Saya mensyukuri setiap detik kehidupan saya di negara yang merdeka ini. Yang menjadi tujuan hidup saya salah satunya juga ingin memajukan bangsa ini, entah dengan cara bagaimana dan melalui bidang apa. Yang pasti cita-cita saya ini akan tetap saya jaga dan sebisa mungkin saya usahakan untuk dapat terwujud.

Saya mencintai negara ini, sampai kapanpun, bagaimanapun dan dimanapun.
Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Terbanglah tinggi garudaku, tahklukkan dunia dengan kepakan sayapmu!

                                                                                                                        BP.

No comments:

Post a Comment